√ Pengertian Teks Editorial, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya

Pengertian Teks Editorial, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya – Kali ini sepengetahuan.co.id akan membahas tentang teks editorial. Apakah ada yang sudah pernah mengetahui sebelumnya? Jika kamu pernah menemukan sebuah teks yang isinya berupa pendapat pribadi seseorang terhadap suatu masalah, maka kamu sudah menemukan yang namanya teks editorial. Teks editorial bisa juga disebut sebagai teks opini.

Teks editorial atau teks opini ini sangat menarik untuk dibahas, apalagi anda adalah orang yang suka melihat berita dimana disana banyak opini-opini seseorang tentang berita yang sedang hangat. Jadi bagi anda yang tertarik dengan pembahasan ini. Mari simak ulasan lengkapnya.

Pengertian Teks Editorial, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya

Nah disini kita akan membahas secara detail apa itu teks editorial, tujuan dan manfaatnya.

Pengertian Teks Editorial

Teks editorial atau teks opini adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu tersebut meliputi masalah politik, sosial atau pun masalah ekonomi yang memiliki hubungan secara signifikan dengan politik.

Teks editorial/opini rutin ada di media seperti majalah atau koran, yang pengungkapan teks ini harus dilengkapi dengan bukti, fakta maupun alasan yang logis supaya pembaca atau pendengar bisa menerimanya.

Fungsi Teks Editorial

Ada beberapa poin yang menjadi fungsi dari teks editorial atau teks opini ini.

  • Fungsi tajuk rencana umumnya menjelaskan berita dan akibatnya pada masyarakat.
  • Mengisi latar belakang dari kaitan berita tersebut dengan kenyataan sosial dan faktor yang mempengaruhi dengan lebih menyeluruh.
  • Terkadang ada analisis kondisi yang berfungsi untuk mempersiapkan masyarakat akan kemungkinan yang bisa terjadi.
  • Meneruskan penilaian moral mengenai berita tersebut.
Baca Juga:  Pengertian Kritik Sosial Dan Kedudukannya Sebagai Bahasa

Tujuan Teks Editorial

Ada 2 poin penting tujuan dari teks editorial, yakni:

Loading...
  • Mengajak pembaca untuk ikut berpikir dalam masalah (isu/topik) yang sedang hangat terjadi di kehidupan sekitar.
  • Memberikan pandangan kepada pembaca terhadap isu yang sedang berkembang.

Secara tidak langsung ketika kita membaca sebuah isu atau berita yang sedang hangat lalu melihat seseorang memberikan opininya, kita pun bisa ikut memberikan opini baik kepada isu nya ataupun orang yang sedang berpendapat.

Manfaat Teks Editorial

Ada sedikit manfaat yang bisa kita ambil dari teks editorial ini yaitu memberikan informasi kepada pembaca, untuk merangsang pemikiran, dan terkadang mampu menggerakkan pembaca untuk bertindak. Memang dizaman sekarang dimana sebuah media bisa kita akses lewat mana saja, kadang secara tidak sengaja kita bisa melihat berita-berita yang sedang hangat diperbincangkan. Jika memang ada berita yang bisa membuat kita bertindak untuk ambil andil dalam penyelesaiannya, itu bisa sangat membantu.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Pengertian Teks Editorial, Fungsi, Tujuan & Manfaatnya. Anda bisa lanjut pada pembahasan selanjutnya tentang Contoh Teks Editorial, Ciri, Struktur & Kaidahnya. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua, sekian dan terimakasih.

5 (100%) 11 votes
Loading...