24 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap

24 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap – Epidemiologi merupakan ilmu yang berfokus pada pembelajaran kesehatan dan penyakit serta faktor yang berhubungan pada tingkat populasi.

Epidemiologi adalah suatu model cornerstone penelitian pada masyarakat dan juga membantuk menyebarkan dan memberikan informasi kedokteran dengan basis eveidence based medicine untuk melakukan identifikasi faktor risiko penyakit dan menetapkan pendekatan dalam menangani khusus dengan optimal.

24 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap

Pada pembahasan kali ini Sepengetahuan.Com akan menjelaskan tentang epidemiologi yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Agar lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap

Elizabeth Barret

Elizabeth Barret mengemukakan Epidemiology is study of the distribution and causes of diseases.

Hirsch (1883)

Hirsh mengemukakan epidemiologi adalah suatu gambaran kejadian, penyebaran dari jenis-jenis penyakit pada manusia pada saat tertentu di berbagai tempat di bumi dan mengkaitkan dengan kondisi eksternal.

Baca Juga:  √ Pengertian Senam, Sejarah, Manfaat dan Jenisnya Lengkap
Loading...

Judith S. Mausner dan Anita K. Bahn

Judith S. Mausner dan Anita K. Bahn mengemukakan Epidemiology is concerned with the extend and types of illness and injures in groups of people and with the factors which influence their distribution.

Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap

Robert H. Fletcher (1991)

Robert H. Fletcher mengemukakan epidemiologi adalah disiplin riset yang membahas mengenai distribusi dan determinan penyakit dalam populasi.

Loading...

Lewis H. Rohf dan Beatrice J. Selwyn

Lewis H. Rohf dan Beatrice J. Selwyn mengemukakan Epidemiology is the description and explanation of the differences in accurence of events of medical concern in subgroup of population, where the population has been subdivided according to some characteristic believed to influence of the event.

Liliendfeld (1977)

Liliendfeld mengemukakan epidemiologi adalah suatu metode pemikiran tentang penyakit yang berkaitan dengan penilaian biologis dan berasal dari pengamatan suatu tingkat kesehatan populasi.

Moris (1964)

Moris mengemukakan epidemiologi adalah suatu pengetahuan tentang sehat dan sakit dari suatu penduduk.

Leedy (1974)

Leedy mengemukakan epidemiologi adalah pencarian sistematis terhadap kebenaran yang belum terungkap.

Last (1988)

Last mengemukakan epidemiology is study of the distribution and determinants of health-related states or events in specified population and the application of this study of problems.

Barbara Valanis

Barbara valanis mengemukakan epidemiology is term derived from the greek languang (epid = upon, demos = people, logos = science)

Abdel R. Omran (1974)

Abdel R. Omran mengemukakan epidemiologi adalah suatu ilmu tentang terjadinya dan distribusi kondisi kesehatan, penyakit dan perubahan pada penduduk, begitu juga determinannya serta akibat-akibat yang terjadi pada kelompok penduduk.

Gart D. Friedman (1974)

Gard D. Friedman mengemukakan epidemiology is the studyu of disease occurance in human populations.

Baca Juga:  Pengertian Menopause, Penyebab, Jenis, Tanda, Gejala Terlengkap

Anders Ahlbom and Staffan Norel (1989)

Anders Ahlbom and Staffan Norel mengemukakan epidemiologi adalah Ilmu pengetahuan tentang terjadinya penyakit pada populasi manusia.

Wade Hampton Frost (1972)

Wade Hampton Frost mengemukan epidemiologi adalah suatu pengetahuan tentang fenomena massal (Mass Phenomen) penyakit infeksi atau sebagai riwayat alamiah (Natural History) penyakit menular.

Brian Mac Mahon

Brian Mac Mahon mengemukakan epidemiology is the study of the distribution and determinants od disease frequency in man. (epidemiologi yaitu ilmu tentang penyebaran dan penyebab frekuensi penyakit pada manusia).

Greenwood (1934)

Greenwood mengemukakan epidemiologi adalah mempelajari tentang penyakit dan semua macam kejadian yang tentang kelompok (herd) penduduk. Yang memiliki kelebihan seperti adanya penekanan pada kelompok Penduduk yang mengarah kepada Distribusi suatu penyakit.

Center Of Disease Control (2002)

Center of Disease Control mengemukaan Epidemiologi adalah suatu studi yang mempelajari penyebaran dan determinan penyakit masyarakat terhadap kesehatan pada masyarakat dan penerapannya sebagai pengendalian penanganan masalah kesehatan. Epidemiologi dinamakan juga dengan Riset.

WHO

WHO mengemukakan epidemiologi adalah ilmu tentang distribusi dan determinan kesehatan yang berhubungan dengan kejadian di populasi dan aplikasi dari studi untuk pemecahan masalah kesehatan.

Aspek Akademik

Menurut akademik, epidemiologi diartian sebagai tindakan analisa data kesehatan, sosial-ekonomi, dan trend yang terjadi untuk melakukan identifikasi dan interpretasi perubahan-perubahan kesehatan yang terjadi atau akan terjadi pada masyarakat umum atau kelompok penduduk tertentu.

Aspek Klik

Berdasarkan aspek klinik, epidemiologi artinya suatu usaha untuk melakukan deteksi secara dini perubahan insidensi atau prevalensi yang dijalankan melalui penemuan klinis atau laboratorium pada awal munculnya penyakit baru dan awal terjadinya epidemi.

Aspek Praktis

Berdasarkan aspek praktis, epidemiologi artinya ilmu yang diarahkan pada usaha mencegah penyebaran penyakit yang menimpa individu, kelompok penduduk atau masyarakat umum.

Baca Juga:  √ 30 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan Terlengkap

Aspek Administrasi

Secara Aspek administrasi, epidemiologi yaitu suatu upaya mengetahui kondisi masyarakat pada sebuah wilayah atau negara supaya bisa memberikan pelayanan kesehatan yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Noor

Noor mengemukakan epidemiologi adalah suatu cabang ilmu kesehatan untuk menganalisis sifat dan penyebaran berbagai masalah kesehatan dalam suatu penduduk tertentu serta mempelajari sebab munculnya masalah dan ganggunan kesehatan itu untuk tujuan mencegah ataupun menanggulanginya.

Timmreck

Timmreck mengemukakan epidemiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai sifat, penyebab, pengendalian, dan faktor-faktor yang mempengaruhi frekuensi dan distribusi penyakit, kecacatan dan kematian dalam populasi manusia.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 24 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:

Rate this post