Pengertian Aurora, Proses, Fakta Unik, Jenis, Akibat Terlengkap

Pengertian Aurora, Proses, Fakta Unik, Jenis, Akibat Terlengkap – Pada pembahasan kali ini Sepengetahuan.Com akan menjelaskan tentang Aurora. Aurora merupakan sebuah fenomena alam yang terjadi karena terdapat interaksi antar medan magnetik. Aurora biasanya terjadi pada bumi, namun terjadi pula di planet lain dalam tata surya.

Pengertian Aurora, Proses, Fakta Unik, Jenis, Akibat Terlengkap

Selain menjelaskan tentang definisi aurora, kami juga akan mengulas secara lengkap bagaimana proses terjadi, fakta unik, jenis-jenis dan akibat terjadinya aurora.

Pengertian Aurora

Definisi Aurora menurut Wikipedia adalah fenomena alam yang mirip dengan pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planer tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari.

Proses Terjadi Aurora

Pengertian Aurora, Proses, Fakta Unik, Jenis, Akibat Terlengkap

Aurora sebagai cahaya yang terbentuk dari udara yang disebabkan oleh atom-atom dan molekul yang bertumbukan dengan partikel yang mempunyai muatan, utamanya elektron dan proton yang bersumber dari dalam Matahari.

Loading...

Partikel-partikel yang dilemparkan oleh matahari dengan kecepatan lebih dari 500 mil/detik akan terhisap oleh medan magnet bumi yang berada di sekitar kutub Utara dan Kutub Selatan.

Warna-warna yang terjadi pada aurora dikarenakan terdapat benturan partikel dan molekul maupun atom yang berbeda. Seperti pada aurora warna hijau yang terbuat antara benturan partikel elektron dan molekul nitrogen.

Aurora warna cerah merah terjadi karena benturan antara partikel elektron serta atom oksigen. Bagian yang paling utama dari mekanisme aurora yaitu angin matahari atau angin surya.

Baca Juga:  20 Pengertian Insentif Menurut Para Ahli Terlengkap
Loading...

Fakta Unik Mengenai Aurora

Terdapat fakta untik mengenai aurora antara lain yaitu:

  • Aurora tidak hanya ada di bumi namun juga terjadi di Planet pada Tata Surya lain.
  • Aurora bisa pindah pada titik sisi selatan.
  • Aurora memiliki suhu dingin, menjadikan terlihat di langit yang sangat mirip dengan api, aurora di umpamakan sebagai api dingin.
  • Aurora akan lebih indah pada saat dilihat dengan kamera.

Jenis-Jenis Aurora

Aurora mempunyai jenis atau macam-macam antara lain yaitu:

Aurora Borealis

Yaitu aurora yang terjadi pada daerah sebelah utara, aurora ini disebut menurut nama Dewi Fajar Roma, Aurora dan juga nama Yunani untuk angin utara, boreas.

Hal itu disebabkan di Eropa, aurora biasa terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah Matahari akan terbit dari arah itu.

Aurora Borealis biasa terjadi diantara bulan September dan Oktober, Maret dan bulan April. Aurora Borealis dapat dilihat di daerah antartika yang mana negara Utara Kanada, Alaskan, Rusia dan juga Skandinavia.

Aurora Australis

Adalah jenis fenomena aurora pada bagian sebelah Selatan yang mempunyai sifat-sifat yang mirip dengan aurora borealis. Sama dengan namanya, aurora ini biasa muncul pada belahan bumi selatan.

Sehingga tidak mengherangkan namanya seolah negara didekat kutub selatan, yakni Australia. Namun terkadang aurora muncul di gunung pada daerah yang memiliki iklim tropis. Aurora sejenis ini juga pernah muncul di gunung tertinggi di Indonesia.

Akibat Terjadinya Aurora

Plasma Panas
Dr. Robert yang berasal dari University of Southampton pernah mengamati secara mendalam adanya 2 lobus partikel pada lapisan magnetosfer bumi yang pada umumnya selalu bersifat dingin, pada saat sebuah proses aurora yang dinamakan dengan aurora theta ternya dijumpai bahwa plasma lobusnya bersuhu panas.

Baca Juga:  23 Pengertian Konflik Menurut Para Ahli Terlengkap

Warna-Warni di Langit Malam
Satu dari beberapa keindahan yang disuguhkan aurora yang menjadi daya tarik untuk manusia yaitu efek warna yang ditimbulkan dari pertukaran partikel angin surya dengan lapisan udara bumi. Dalam beberapa penelitian yang sudah dilakukan bisa diambil kesiimpulan bahwa perbedaan benturan antara partikel (ion) dengan jenis lapisan atmosfer bumi ternyata juga mengakibatkan perbedaan warna pada aurora.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Aurora, Proses, Fakta Unik, Jenis, Akibat Terlengkap semoga dapat menjadi wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:

Rate this post