Pengertian Musik, Fungsi, Jenis-Jenis, Unsur-Unsur Terlengkap

Pengertian Musik, Fungsi, Jenis-Jenis, Unsur-Unsur Terlengkap – Pada pembahasan kali ini Sepengetahuan.Com akan menjelaskan tentang Musik. Musik hampir setiap hari kita dengarkan, entah sedang dirumah, dijalan atau sedang bekerja.

Pengertian Musik, Fungsi, Jenis-Jenis, Unsur-Unsur Terlengkap

Mengulas tentang musik, tidak terlepas bagaiman sebenarnya musik itu bekerja, apa saja fungsinya, unsur pembentuk musik dan jenis-jenis musik. Untuk itu simak selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Musik
Pengertian Musik, Fungsi, Jenis-Jenis, Unsur-Unsur Terlengkap

Musik merupakan suara yang dibuat sedemikian rupi menjadikan adanya irama, lagu, dan keharmonisan utamanya dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang bisa menghasilkan irama.

Seni musik bersumber dari kata “Seni” dan “Musik. Definisi seni yaitu hasil karya cipta, rasa dan karsa manusia yang digambarkan dalam berbagai sarana. Lalu Musik yaitu hasil dari olah suara, melodi, harmoni, ritme, vokal dan tempo.

Fungsi Musik

Musik mempunyai beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut:

  • Musik merupakan suatu sarana untuk mengungkapkan emosi, musik mempunyai fungsi untuk meluapkan emosi baik untuk penulis lagu ataupun para penikmat musik.
  • Menjadi sarana hiburan, Musik yang dimainkan secara bersama akan memunculkan suara yang ramai dan menghibur.
  • Menjadi sarana bisnis, sekarang ini industri musik merupakan satu diantara industri kreatif yang sangat menguntungkan.
  • Menenangkan jiwa, musik juga dimanfaatkan menjadi satu sarana untuk relaksasi dan penenangan jiwa.
  • Menjadi sarana komunikasi, seperti apabila suatu upacara sudah dimulai makan akan dimainkan musik khusus sebagai isyarat bahwa upacara sudah dimulai.
  • Menyambut tamu, seperti penyambutan pemain sepakbola yang masuk dilapangan
  • Untuk Meningkatkan kecerdasan, sebuah penelitian menyatakan bahwa bermain musik dapat meningkatkan kecerdasan
  • Sebagai pengiring tarian, musik sering dimainkan untuk mengiringi suatu tarian
  • Sebagai pengiring pertunjukan, pentas drama dan film biasanya diiringin oleh musik yang sesuai dengan suasana adegan filmnya.
  • Sebagai sarana pendidikan, musik juga dipakai sebagai sarna penyampaian nasehat dalam mendidik anak
  • Sebagai ciri khas kebudayaan setempat, seperti Negara Indonesia mempunyai banyak musik tradisional sebagai ciri khas kebudayaan yang dimiliki.
Baca Juga:  Pengertian Seni Abstrak, Sejarah, Ciri-Ciri Terlengkap

Jenis-Jenis Musik

Adapun jenis-jenis atau genre dari musik yaitu:

Pop (Populer)

Pop adalah jenis modern dari rock and roll. Jenis musik ini dibentuk di tahun 1950-an. Jenis musik ini adalah genre paling populer.

Loading...

RnB

RnB adalah singkatan dari “rhythm and blues” yaitu genre yang cukup pupuler yang asalnya dari musik Afrika-Amerika di tahun 1940-an. Satu band RnB seringkali terdiri dari pianis, gitaris, vokalis, bass, drum dan saxophone.

Rock

Rock yaitu jenis musik populer yang asalnya dari musik rock and roll di Amerika Serikat pada tahun 1950-an. Musik ini memperoleh pengaruh dari Blues, Jazz, Klasik dan lainnya. Musik rock lebih berfokus pada gitar listrik. Grup band rock di dominasi oleh para lelaki.

Dangdut

Dangdut adalah genre musik yang terkenal di Indonesia. Bentuk musik ini mempunyai pusat Melayu di tahun 1940-an. Penyanyi yang sangat terkenal dengan banyak lagunya adalah raja dangdut Rhoma Irama.

Blues

Jenis musik blues asalnya dari Afrika-Amerika dan muncul di abad ke 19. Ciri musik blues adalah lirik awalnya yang tersusun dari 1 baris dan di ulang 4 kali.

Country

Country adalah jenis musik yang asalnya dari Amerika Serika Selatan di Atlanta dan Georgia tahun 1920. Yang menjadi ciri khusus musik country adalah sebagian besar menggunakan instrumen string

Musik country identik dengan adanya Koboi. Musik ini enak didengat pada saat melakukan perjalanan jauh dan mengawali hari. Contoh artis yang populer dengan musik ini adalah Taylor Swift.

Electronic

Elektronic yaitu jenis musik yang secara penuh menggunakan teknologi elektronik. Seperti alat musik yaitu gitar listrik, telharmonium, organ hammond.

Hip Hop

Hip Hop adalah jenis musik yang dihasilkan dari musik berirama dan bergaya yang seringkali ada rap dan vokal ritmis. Vokalis seringkali membaca lirik lagi seperti membaca biasa tetapi dengan ritme tertentu.

Baca Juga:  25 Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli Terlengkap

Jazz

Musik jazz yaitu aliran musik yang bersumber dari Afrika-Amerika di akhir abad ke-19. Musik in mempunyai alunan yang merdu. Jazz memperoleh pengaruh besar dari budaya Afrika Barat dan Eropa.

Klasik

Klasik adalah jenis musik yang akarnya pada tradisi musik Barat dan telah ada sejak abad ke-11. Tokoh musik klasik yang sangat terkenal adalah Beethoven dan Johann Sebastian Bach

Reggae

Reggae adalah genre musik yang bersumber dari Jamaika di akhir tahun 1960-an. Reggae mendapat pengaruh dari musik Jazz Amerika dan RnB. Elemen yang sangat mudah dikenali dari musik reggae adalah ritme offbeat yang berasal dari gitar atau piano.

Unsur-Unsur Musik

Unsur-Unsur dari musik yang menjadi lagu antara lain:

Melodi
Melodi merupakan satu kesatuan frase yang tersusun atas nada-nada dengan urutan, interval dan tinggi rendah yang teratur. Melodi merupakan daya tarik dari sebuah musik.

Irama
Irama yaitu pergantian panjang pendek, tinggi rendah dan keras lembut nada atau bunyi dalam sebuah rangkaian musik. Irama adalah penentu ketukan dalam musik.

Birama
Birama adalah unsur seni yang dalam bentuk ketukan atau ayunan berulang yang timbul secara teratur di saat yang bersamaan. Birama yang nilai penyebutnya genap disebut birama bainar, sedangkan birama yang penyebutnya ganjil dinamakan birama tenair.

Harmoni
Harmoni yaitu sekumpulan nada yang apabila dimainkan bersama-sama akan menciptakan suatu bunyi yang enak dinikmati atau didengar. Selain itu, harmoni dapat diartikan sebagai suatu rangkaian akor-akor yang disusun secara selaras dan dimainkan menjari iringan musik.

Tangga Nada
Tangga nada yaitu deret nada yang tersusun atas tingkatan, terdapat dua jenis tangga nada yakni tangga nada diatonis dan pentatonis. Tangga nada diatonis disusun dari 7 buah nada dengan 2 jarak (1/2 dan 1), lalu pentatonis tersusun dari 5 buah nada dengan jarak tertentu.

Baca Juga:  Jenis Karya Seni Patung Dan Penjelasannya Terlengkap

Tempo
Tempo merupakan ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat suatu lagu dimainkan, maka semakin besar juga nilai tempo dari lagi itu. Ada delapan kategori tempo, diantaranya:

  • Largo (Lambat Sekali)
  • Lento (Lebih Lambat)
  • Adagio (Lambat)
  • Andante (Sedang)
  • Moderato (Sedang Agak Cepat)
  • Allegro (Cepat)
  • Vivace (Lebih Cepat)
  • Presto (Cepat Sekali)

Dinamika
Dinamika merupakan tanda untuk memainkan nada dengan volume lembut atau keras. Dinamika pada musik penting sebab ini bisa menunjukkan nuansa suatu lagu (sedih, senang, riang, agresift, datar, dan lain sebagainya)

Timbre
Timbre merupakan kualitas atau warna bunyi. Terdapatnya timbri sangat terpengaruh dari sumber bunyi dan cara bergetarnya. Timbre yang dihasilkan dari alat musik tiup akan berbeda dari alat musik petik, walaupun dimainkan pada nada yang sama.

Ekspresi
Ungkapan perasaan yang bersumber dari dalam hati bisa ditunjukkan dengan ekspresi. Seperti gembira, sedih, romantis, dan lainnya. Sebabya, penyanyi harus bisa bernyanyi secara total supaya pendengar terbaga suasana.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Musik, Fungsi, Jenis-Jenis, Unsur-Unsur Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:

Rate this post
Loading...