Pengertian Paragraf Ineratif, Ciri-Ciri dan Contoh Terlengkap

Loading...

Pengertian Paragraf Ineratif, Ciri-Ciri dan Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Paragraf Ineratif. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri dan contoh paragraf ineratif dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Paragraf Ineratif

Paragraf ineratif atau inerasi merupakan jenis paragraf yang tersusun atas kalimat utama yang berada di tengah paragraf. Pada umumnya, paragraf ineratif ini mempunyai pola khusus-umum-khusus atau kalimat penjelas-kalimat utama-kalimat penjelas.

Kalimat penjelasan yang terdapat diawal paragraf ineratif memiliki fungsi sebagai pengantar atau pembuka paragraf. Sementara, kalimat utama yang ada di tengah paragraf fungsinya sebagai gagasan utama dari paragraf inearatif ini.

Dan kalimat penjelasan di akhir paragraf, mempunyai fungsi sebagai penegas atau kesimpulan dari paragraf ineratif ini. Paragraf ineratif sendiri termasuk dalam satu dari beberapa jenis paragraf menurut posisi kalimatnya, ada juga paragraf induktif, paragraf deduktif dan paragraf campuran.

Ciri-Ciri Paragraf Ineratif

Dibawah ini adalah beberapa ciri-ciri paragraf ineratif antara lain:

Loading...
  • Kalimat utama berada di bagian tengah paragraf
  • Kalimat awal adalah kalimat penjelas yang fungsinya sebagai pengantar paragraf
  • Kalimat terakhir adalah kesimpulan atau penutup dari paragraf.

Contoh Paragraf Ineratif
Pengertian Paragraf Ineratif, Ciri-Ciri dan Contoh

Contoh 1
Mengesampinkan kesehatantubuh ketika bekerja di malam hari akan membuat badan justru rentang terserang penyakit saat melakukan pekerjaan. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan untuk orang yang bekerja di malam hari begitu penting dilakukan. Beberapa hal yang dapat dilakukan supaya pekerja malam bisa tetap menjaga kesehatannya adalah diantaranya: mengkonsumsi makanan sehat, tidur sejenak di waktu istirahat dan berolahraga sebelum bekerja.

Baca Juga:  Pengertian Media Massa Beserta Jenis Dan Fungsinya lengkap

Contoh 2
Para pengung internet di negara ini sudah semakin tinggi. Sayangnya, tingginya jumlah pengguna tersebut tidaklah seimbang dengan tingkat kedewasaan penggunanya. Oleh karenanya, sosialisasi penggunaan internce secara dewasa wajar untuk dilakukan oleh semua pihak. Beberapa bentuk sosialiasai yang bsia dilakukan bisa dalam bentuk mengadakan seminar, video tutorial penggunaan internet secara dewasa serta beberapa cara lain.

Contoh 3
Informasi didalam internet sekarang ini sangat banyak beredar. Hal ini membuat masyarakat awam menjadi bingung dalam menentukan mana berita yang benar dan mana yang tidak benar. Untuk itu, suatu literasi media harus diberikan kepada khalayak umum di negara ini. Sebab, dengan adanya literasi media, masyarakat yang masih awam dapat lebih pandai dalam menentukan mana berita yang benar dan mana berita yang tidak, sehingga publuk tidak perlu kebingunan lagi.

Loading...

Contoh 4
Buahnya, bulat seperti bola. Kulit buahnya terasa keras seperti batu. Inilah buah Kawis yang daging buahnya memiliki warna hitam. Apabila diseduh dengan air, rasanya hampir mirip dengan minuman bersoda rasa kola.

Contoh 5
Penggunaan rotan seringkali dibuat sebagai bahan baku mebel, seperti kursi, meja dan rak buku. Pemanfaatan rotan sebagai bahan baku mebel memiliki kelebihan serta kekurangan. Rotan mempunyai beberapa keunggulan dibanding kayu, seperti ringan, kuat, mudah dibentuk dan harganya murah. Sedangkan kelemahannya adalah rotan lebih cepat terkena kutu bubuk.

Contoh 6
Ular berbisa seringkali membunuh mangsanya dengan bisanya tersebut. Ular yang tidak berbisa seringkali membutuh mangsangat dengan cara melilit. Jenis ular memang terdapat yang berbisa dan tidak berbisa. Untuk ular berbisa contohnya kobra dan welang. Kemudian untuk ular tidak berbisa contohnya adalah boa, piton, anakonda. Sebagian jenis ular seringkali memiliki kebiasaan berjemur dibawah matahari untuk membantu mencerna makanan.

Baca Juga:  12 Pengertian Operasional Menurut Para Ahli Terlengkap

Contoh 7
Proses itu tidak memerlukan perkawinan. Dengan bahasa lain, Amoeba tidak membutuhkan amoeba lainnya dalam perkembangkannaya. Amoeba berkembang biad dengan cara membelah diri. Hewan ini mempunyai suatu sel yang dinamakan dengan inti sel. Sel inilah yang kemudian akan berubah menjadi dua. Sel itu akan memisah dan membentuk dua kutub yang salih menjauh.

Contoh 8
Walaupun telah kadaluarsa, kandungan bahan kimia yang terdapat di obat-obatan yang kita konsumsi tidak pernah hilang dan justru akan memunculkan bahaya apabila obat-obatan tersebut dibuang pada sembarang tempat. Oleh karena itu, kita sebaiknya jangan membuat obat-obatan yang telah kadaluara di sembarang tempat, sebagai gantinya obat-obatan yang kadaluarsa tersbut kita kembalikan lagi ke pihak apotek atau rumah sakit untuk dihancurkan oleh mereka.

Contoh 9
Akhir-akhir ini, cuaca semakin susah diprediksi. Hal tersebut juga menyebabkan beberapa gangguan kesehatan untuk tubuh. Oleh karenanya, kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh kita di tengah-tengah siklus cuaca yang makin susah diprediksi seperti sekarang. Melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, dan juga istirahat yang cukup adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Contoh 10
Asupan makanan di pagi hari sangatlah krusial untuk tubuh kita. Hal itu bisa membuat tubuh menjadi memiliki energi yang lebih, sehingga kita juga dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan optimal. Maka dari itu, sarapan di pagi hari sangatlah penting untuk tubuh kita. Beberapa makanan yang harus kita santap di waktu sarapan adalah makanan yang sehat serta bergizi tinggi, dan juga cukup membuat perut kita menjadi kenyang.

Contoh 11
Dengan kita membaca buku, maka bisa menguasai ilmu pengetahuan. Buku adalah gudangnya ilmu. Kita dapat menjadi banyak tahu informasi di bidang apa pun dari buku. Orang yang tidak mengenyam pendidikan sekolah juga pandai karena banyak membaca buku. Ia dapat menyerap informasi yang lebih banyak dibanding orang-orang yang bersekolah, namun malas membaca buku.

Baca Juga:  Pengertian Narasi, Tujuan, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, Unsur, Cara Penulisan, Contoh Terlengkap

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Paragraf Ineratif, Ciri-Ciri dan Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post