Pengertian Gelombang Mekanik, Karakteristik, Rumus Terlengkap

Pengertian Gelombang Mekanik, Karakteristik, Rumus Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Gelombang Mekanik. Yang meliputi pengertian, karakteristik dan rumus dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik merupakan suatu gelombang yang ketika merambat membutuhkan medium, yang menjadi penyalur energi untuk kebutuhjan proses penjalaran suatu gelombang. Satu diantara contoh gelombang mekanik yang merambat melalui suatu perubahan tekanan udara dalam ruang (rapat renggangnya molekul-molekuk udara) yaitu suara.

Tanda terdapatnya udara, suara tidak dapat dirambatkan. Contoh gelombang mekanik yang lain yakni ombak dan gelombang pada tali. Definisi lain dari gelombang mekanik yaitu suatu gelombang yang membutuhkan medium untuk berpindah tempat. Gelombang laut, gelombang tali atau gelombang bunyi juga masuk dalam kategori gelombang mekanik.

Karakteristik Gelombang Mekanik

Ciri-ciri ataupun karakteristik gelombang mekanik antara lain yaitu gelombang mekanik membutuhkan alat atau sebuah perantara untuk melakukan perpindahan. Gelombang ini mempunyai panjang gelombang, periode gelombang, frekuensi gelombang dan cepat rambat gelombang.
Pengertian Gelombang Mekanik, Karakteristik, Rumus

Panjang gelombang yang didapat gelombang transversal dan gelombang terpolarisasi sangat berbeda. Panjang gelombang transversal bisa diukur dari bukit, puncak dan dasar gelombang.

Periode gelombang yaitu waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang. Sedangkan frekuensi gelombang ialah jumlah gelombang yang dihasilkan setiap detik. Dan cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang penuh tiap detik.

Gelombang Transversal

Gelombang transversal merupakan jenis gelombang yang arah rambatnya tegak lurus dengan arah getarnya. Contoh dari gelombang trasversal yaitu gelombang pada tali, gelombang cahaya, gelombang permukaan air, gelombang geser dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Pengertian Plasenta, Fungsi, Struktur, Bagian, Proses Terlengkap
Loading...

Gelombang Longitudinal

Gelombang longitudinal merupakan jenis gelombang yang mempunyai arah rambat sejajar dengan arah getarnya. Contoh gelombang longitudinal yaitu gelombang pada slinky, gelombang bunyi di udara, gelombang di pegas dan lain-lain.

Rumus Gelombang Mekanik

Rumus yang dipakai dalam gelombang mekanik antara lain:

T = t/n
f = n/t

dan

T = 1/f
f = 1/T

Keterangan:

T = Periode (s), yakni waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang
t = waktu (s)
n = banyaknya gelombang (kali)
f = frekuensi (Hz), yakni jumlah gelombang yang dihasilkan setiap detik

Untuk penentuan cepat rambat gelombang dipakai suatu persamaan atau rumus berikut:

v = λ.f atau v = λ/T

Keterangan:
λ = panjang gelombang (m)
v = cepat rambat gelombang (m/s)

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Gelombang Mekanik, Karakteristik, Rumus Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post
Loading...