√ Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak, Tujuan, Kriteria & Ruang Lingkup

Loading...

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak, Tujuan, Kriteria & Ruang Lingkup – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Yang meliputi pengertian, tujuan, kriteria dan ruang lingkup rekayasa perangkat lunak dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak, Tujuan, Kriteria & Ruang Lingkup

Mari kita bahas dulu pengertian rekayasa perangkat lunak terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL adalah suatu perubahan perangkat lunak yang berfungsi untuk melakuka pengembangan, pemeliharaan dan pembangunan kembali dengan memakai prinsip rekayasa untuk memperoleh perangkat lunak yang bisa bekerja lebih efisien dan efektif pada user.

Definisi lain dari rekayasa perangkat lunak yaitu suatu disiplin ilmu yang mempraktekkan teori-teori dasar bidang tertentu, pada suatu perangkat lunak yang bisa dipakai atau digunakan sebagai suatu peralatan pembantu dalam memecahkan masalah dan proses mengambil keputusan.

Kemudian definisi dari perangkat lunak sendiri atau yang biasa disebut software adalah program yang ada di komputer yang memiliki fungsi sebagai sebuah sarana dalam berinteraksi antar pengguna dan hardware “perangkat keras”.

Loading...

Lebih daripada itu juga biasa disebut sebagai “penerjemah” perintah-perintah yang diberikan user atau pengguna komputer untuk kemudian diteruskan ke atau diproses oleh hardware.

Dalam Wikipedia Rekayasa Perangkat Lunak merupakan bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Baca Juga:  √ Pengertian Telnet Beserta Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangannya

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Pada umumnya tidak ada perbedaan dengan bidang rekayasa yang lain, bisa diartiken jika bidang rekayasa akan selalu berupaya mendapatkan output yang kinerjanya tinggi, biaya rendah dan juga waktu penyelesaian yang tepat.

Loading...

Pada penjelasan dibawah ini akan diterangkan secara lebih detail apa yang menjadi tujuan RPL, yaitu:

  • Mendapatkan biaya produksi perangkat lunak atau software yang kecil
  • Menghasilkan perangkat lunak yang memiliki kinerja yang tinggi, handal serta tepat pada waktunya.
  • Menghasilkan perangkat lunak atau software yang bisa bekerja di segala macam jenis platform
  • Menghasilkan perangkat lunak yang mempunyai biaya perawatan murah dan terjangkau.

Kriteria Dalam Rekayasa Perangkat (RPL)

Terdapat beberapa kriteria dalam perangkat lunak yang antara lain yakni sebagai berikut:

  • Bisa terus menerus dirawat dan juga dipelihara atau maintainability
  • Bisa mengikuti perkembangan dunia teknologi atau dependability
  • Bisa mengikuti kehendak pengguna atau user (rebust)
  • Efektif dan juga efisien dalam pemakaian energi dan penggunaannya
  • Bisa memenuhi atau mencukupi keperluan yang dikehendaki (usability)

Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Sedangkan ruang lingkup perangkat lunak antara lain adalah sebagai berikut:

  • Software Requirement yaitu berkaitan dengan spesifikasi keperluan dan juga persyaratan perangkat lunak
  • Software desain adalah meliputi proses penampilan arsitektur, komponen, antar mka dan juga karakteristik lain dari perangkat lunak
  • Software Construction adalah berkaitan dengan rincian pengembangan perangkat lunak, termasuk seperti algoritma, pengkodean, pengujian hingga sampai pencarian kesalahan
  • Software testing adalah mencakup pengujian terhadap semua perilaku dari perangkat lunak
  • Software maintanance adalah meliputi segala jenis usaha merawat pada saat perangkat lunka sudah dioperasikan atau dipakai
  • Software configuration management adalah berkaitan dengan segala jenis usaha merubah konfigurasi perangkat lunak yakni untuk pemenuhan keperluan tertentu
  • Software engineering management adalah berhubungan dengan pengelolalan dan juga pengukuran RPL termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
  • Software engineering tools and methods adalah yang meliputi kajian-kajian teoritis mengenai alat bantu dan metode RPL.
Baca Juga:  √ Pengertian Gateway Beserta Fungsinya (Pembahasan Lengkap)

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak, Tujuan, Kriteria, Ruang Lingkup

Di negara Indonesia, RPL merupakan suatu disiplin ilmu yang pembelajarannya dimulai sejak SMK hingga tingkat Perguruan Tinggi. Pada tingkat SMK, jurusan in telah mempunyai kurikulum materi pelajaran sendiri yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan.

RPL biasanya membahas tentang materi seperti Bahasa Pemrograman, Desain Web, Pengetahuan mengenai Undang-Undang HAKI dan ITE dan lain sebagainya, sesuai dengan sekolah dan kurikulum di setiap tahunnya.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak, Tujuan, Kriteria & Ruang Lingkup semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 2 votes