Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri-Ciri, Jenis, Contoh Terlengkap

Loading...

Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri-Ciri, Jenis, Contoh Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Paragraf Persuasi. Yang meliputi pengertian, ciri-ciri, jenis dan contoh paragraf persuasi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi merupakan paragraf yang mengandung ajakan atau bujukan kepada pembaca supaya melakukan atau mengikuti apa yang dituliskan dalam paragraf tersebut.

Paragraf persuasi dibuat menurut pemahaman atau asumsi bahwa setiap pandangan atau pendirian umat manusia dapat berubah-ubah.
Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri-Ciri, Jenis, Contoh

Paragraf persuasi memiliki tujuan yakni untuk mempengaruhi atu mengajak pembaca supaya percaya dan melakukan apa yang telah ditulis dan disampaikan penulis didalam paragraf. Supaya pembaca percaya, paragraf persuasi harus diikuti dengan bukti dan data pendukug yang kuat.

Pada paragraf persuasi seringkali ditemukan kata-kata yang sifatnya mengajak “ayo”, “mari” dan “lakukanlah”. Paragraf ini seringkali dijumpai di dalam iklan, himbauan atau propaganda di media massa.

Loading...

Ciri-Ciri Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Sering memakai alasan-alasan yang kuat diikuti dengan data dan fakta yang menjadi pendukung untuk mengajak, mengingat paragraf ini bertujuan untuk mempengaruhi pembaca
  • Berupaya untuk meyakinkan pembaca agar melakukan atau percaya yang ditulis oleh penulis
  • Banyak memakai kata-kata ajakan seperti ayo, mari, lakukanlah dan lain sebagainya.
  • Seringkali menghindari konflik supaya kepercayaan pembaca tidak hilang dan agar kesepakatan pendapat antara penulis dan pembaca bisa dicapai.
Baca Juga:  Pengertian Semantik Menurut Para Ahli, Unsur, Jenis-Jenis Terlengkap

Jenis-Jenis Paragraf Persuasi

Menurut fungsinya, paragraf persuasi dibagi menjadi empat jenis, antara lain sebagai berikut:

Paragraf Persuasi Politik

Paragraf persuasi politik merupakan jenis paragraf persuasi yang berisi usaha untuk mempengaruhi pembaca untuk menentukan pilihan pada calon atau partai politik tertentu.

Loading...

Seringkali di media cetak ditandai dengan judul “Advertorial” dibagian kiri atas wacana yang berisi paragraf tersebut.

Paragraf Persuasi Pendidikan

Paragraf persuasi pendidikan seringkali dipakai oleh instansi atau dalam dunia pendidikan untuk mendukung tujuan pendidikan. Paragraf persuasi pendidikan dapat dalam bentuk himbauan, motivasi ataupun anjuran.

Paragraf Persuasi Advertensi/Periklanan

Paragraf persuasi advertensi merupakan paragraf persuasi yang mempunyai tujuan komersil. Paragraf advertensi seringkali dipakai oleh produsen perusahaan untuk mengenalkan dan memasarkan produk tertentu dengan harapan konsumen tertarik untuk membelinya.

Paragraf Persuasi Propaganda

Paragraf persuasi propaganda seringkali dipakai untuk menyampaikan informasi yang bertujuan supaya pembacanya mau percaya dan melakukan apa yang diterangkan oleh penulis di dalam paragraf tersebut. Persuasi propaganda banyak dijumpai di media cetak seperti majalah, portal berita online, surat kabar dan lain sebagainya.

Contoh Paragraf Persuasi

Contoh A
Membaca merupakan aktivitas yang banyak manfaatnya. Dengan membaca, ilmu serta wawasan kita akan semakin luas. Menjadikan kita tidak akan tertinggal oleh jaman yang semakin maju.

Selain bermanfaat, membaca juga adalah kegiatan yang begitu menyenangkan. Membaca buku memiliki manfaat juga untuk membuat otak menjadi lebih fresh dan tidak tegang. Oleh sebab itu, marilah menciptakan budaya membaca sebab membaca dapat memperluas wawasan dan juga menenangkan suasana hati.

Contoh B
Hutan adalah paru-paru dunia. Tanpa adanya hutan kita tidak dapat hidup di bumi ini. Pohon-pohon yang ada di hutan, setiap hari menghasilkan oksigen yang sangat kita butuhkan dalam bernafas.

Baca Juga:  Pengertian Wartawan, Tugas, Tujuan, Kode Etik Dan Jenis Wartawan Terlengkap

Apabila hutan kita tidak terselamatkan dari penebangan liar dan pembakara maka cepat atau lambat pohon-pohon akan habis. Hal itu akan berakibat terhadap kelangsungan hidup makhluk hidup termasuk manusia.

Apabila hutan habis, maka tidak ada lagi pohon yang menghasilkan oksigen untuk kita bernafas. Lalu bagaimana kita akan hidup? Marilah bersama-sama kita melakukan kampanye program one man one tree. Satu orang wajib menanam minimal satu pohon. Mari selamatkan, lestarikan, dan bersama-sama menjaga hutan. Untuk adanya masa depan untuk kita serta anak cucu kita.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Paragraf Persuasi, Ciri-Ciri, Jenis, Contoh Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post