13 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Loading...

13 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan mengulas tentang definisi mediasi yang dikemukakan oleh para ahli. Semoga bisa membantu kalian yang sedang membutuhkan materi ataupun referensi berikut. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli

1.Jacqueline M, Nolah Haley

Pengertian Mediasi menurut Jacqueline M, Nolah Haley adalah, Mediation is generally understood to be a short-term structured, task oriendted, participatory invervention process. Disputing parties work with a neutral third party, the mediator, to reach a mutually acceptable agreement. Unlike the adjudication process, where a third party intervenor imposes a decision, nu such compulsion exists in mediation. The mediator aids the parties in reaching a consensus. It is the paries themselves who shape their agreement.

2.Black’s Law Dictionary

Pengertian Mediasi menurut Black’s Law Dictionary adalah, Mediation is private, informal dispute resolution process in which a neutral third person, the mediator, helps, disputing parties to reach an agreement.

3.Kamus Hukum Ekonomi ELIPS

Pengertian Mediasi menurut Kamus Hukum Ekonomi ELIPS adalah salah satu dari beberapa pilihan yang bentuk penyelesaian sengketa yang berada di luar pengadilan dengan mengunakan jasa seorang mediator ataupun penengah sama misalnya konsiliasi. Mediator, penengah adalah seseorang yang menjalankan fungsi sebagai penengah terhadap pihak-pihak yang bersengketa dalam menyelesaikan sengketanya.

Baca Juga:  Pengertian Mediasi, Dasar Hukum, Tujuan, Jenis, Tahapan Terlengkap

4.KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian Mediasi menurut KBBI adalah proses yang mengikutsertakan pihak ketiga untuk penyelesaiansuatu perselisihan sebagai penasehat.

Loading...

5.Collins English Dictionary and Thesaurus
Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli

Pengertian Mediasi menurut Collins English Dictionary and Thesaurus adalah kegiatan menjembatani antara dua pihak yang bersengketa guna menghasilkan kesepatakan (aggrement).

6.Chirstopher W. Moore

Pengertian Mediasi menurut Christopher W. Moore adalah intervensi dalam sebuah sengketa atau negosiasi oleh pihak ketiga yang dapat diterima pihak yang bersengketa, bukan karena bagian dari kedua belah pihak dan bersifat netral.

7.Gary Goodpaster

Pengertian Mediasi menurut Gary Goodpaster adalah proses negosiasi pemecahan masalah yang dimana pihak luar yang impartial (tidak memihak) dan juga netral bekerja dengan pihak yang bersengketa dalam membantu mereka untuk memperoleh kesepakatan perjanjian dengan memuaskan.

Loading...

8.J. Folberg dan A. Taylor

Pengertian Mediasi menurut J. Folberg dan A. Taylor adalah the process by which the participant, together with the assistance of a neutral person, systematically isolate dispute in order to develop option, consider altenatif, and reach consensual settlement that will accomandate their need.

9.Laurence Bolle

Pengertian Mediasi menurut Laurence Bolle adalah Mediation is a decision making process in the which the parties are assisted by a meediator; the mediator attempt to improve the process of decision making and to assist the parties the reachan outcome to which of them can assent.

10.Priatna Abdurrasyid

Pengertian Mediasi menurut Priatna Abdurrasyid adalah suatu proses damai dimana para pihak yang bersengketa menyerahkan penyelesaiannya kepada seorang mediator (seseorang yang mengatur pertemuan antara pihak yang bersengketa) untuk mencapai hasil akhir yang adil, tanpa biaya besar tapi tetap efektif dan diterima sepenuhnya oleh kedua belah pihak yang bersengketa. Pihak ketiga (mediator) berperan sebagai pendamping dan penasehat.

Baca Juga:  Pengertian Sistem Pemerintahan Presidensial, Unsur, Ciri, Kelebihan, Kekurangan Terlengkap

11.Mahkamah Agung No.2 Tahun 2003

Pengertian Mediasi menurut Mahkamah Agung adalah penyelesaian sengketa melalui proses perundingan para pihak dengan bantuan oleh mediator.

12.Kovach

Pengertian Mediasi menurut Kovach adalah Facilitated negotiation it process by which a neutral third party, the mediator, assist disputing parties in reaching a mutually satisfication solution.

13.Wikipedia

Pengertian Mediasi menurut Wikipedia adalah upaya penyelesaian konflik dengan melibatkan pihak ketiga yang netral, yang tidak memiliki kewenangan mengambil keputusan yang membantu pihak-pihak yang bersengketa mencapai penyelesaian (solusi) yang diterima oleh kedua belah pihak.

Demikianlah telah dijelaskan tentang 13 Pengertian Mediasi Menurut Para Ahli Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post