Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, Ciri-Ciri, Bentuk Terlengkap

Loading...

Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, Ciri-Ciri, Bentuk Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Interaksi Sosial. Yang meliputi pengertian, syarat, ciri-ciri, faktor yang mempengaruhi dan bentuk interaksi dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Interaksi Sosial

Interaksi sosial yaitu fondasi dari hubungan yang dalam bentuk tindakan yang berdasarkan norma dan nilai sosial yang berlaku dan ditentukan dalam masyarakat.

Definisi lain interaksi sosial merupakan hubungan timbal balik dalam masyarakat yang dibuat karena terdapat komunikasi antara satu pihak dengan pihak lainnya melalui tindakan tertentu.

Pengertian Interaksi Sosial Menurut Para Ahli

1.Homans

Pengertian Interaksi Sosial menurut Homans adalah suatu keadaana ketika suatu aktivitas (kegiatan) yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain ganjaran atau hukuman dengan memakai suatu tindakan oleh pasangannya.

2.Selo Soemardjan

Pengertian Interaksi Sosial menurut Selo Soemardjan adalah hubungan timbal balik antara manusia (individu) dengan berbagai segi kehidupan bersama.

Loading...

3.Bonner

Pengertian Interaksi Sosial menurut Bonner adalah suatu hubungan antar dua individu atau lebih yang saling mempengaruhi, mengubah, atau memperbaiki kelakukan individu lain atau sebaliknya.

4.Astrid. S. Susanti

Pengertian Interaksi Sosial menurut Astrid. S. Susanti adalah hubungan antar manusia yang menciptakan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembuatan struktur sosial. Hasil interaksi sangat tergantung oleh nilai dan arti serta interpretasi yang diberikan pihak yang ikut terlihat dalam interaksi ini.

Baca Juga:  Pengertian Penerimaan Diri, Komponen, Ciri-Ciri, Tahapan, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap

5.Maryati dan Suryawati

Pengertian Interaksi Sosial menurut Maryati dan Suryawati adalah kontak atau hubungan timbal balik dan tindakan balasan (respon) antar individu, antar kelompok atau individu dan kelompok.

Loading...

6.Gilin

Pengertian Interaksi Sosial menurut Gilin adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis dan menyangkut hubungan antar individu dan kelompok atau antar kelompok.

7.Broom dan Selznic

Pengertian Interaksi Sosial menurut Broom dan Selznic adalah proses aksi (tindakan) yang dilandasi oleh kesadaran adanaya orang lain dan proses menyesuaikan tindakan balasan (respon) sesuai dengan tindakan orang lain.

8.Kimball Young dan Raymond W. Mack

Pengertian Interaksi Sosial menurut Kimball Young dan Raymond W. Mack adalah hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok, atau pun kelompok dengan kelompok lainnya.

9.Macionis

Pengertian Interaksi Sosial menurut Macionis adalah proses aksi (tindakan) dan reaksi (membalas tindakan) yang dilakukan oleh seseorang dalam berhubungan dengan orang lain.

10.Soerjono Soekanto

Pengertian Interaksi Sosial menurut Soerjono Soekanto adalah proses sosial tentang cara berhubung yang bisa dilihat jika individu dengan kelompok sosial saling bertemu lalu menentukan sistem dan hubungan sosial.

Syarat Terjadinya Interaksi Sosial

Soerjono Soekanto menyatakan, interaksi sosial tidak bisa terjadi jika tidak ada dua syarat yakni kontak sosial dan komunikasi.
Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, Ciri-Ciri, Bentuk

Kontak Sosial
Kontak sosial merupakan hubungan setiap pihak dalam interaksi baik dengan berbicara, tatap muka ataupun dengan bersalaman dan juga tidak selalu terjadi dengan cara interaksi atau hubungan fisik saja, karena orang bisa melakukan kontak sosial dengan pihak lain tanpa bersentuhan, contohnya melalui telepon, radio, surat dan lain sebagainya.

Kontak sosial bisa bersifat positif ataupu negatif. Kontak sosial menuju pada sebuah kerja sama, sedankan kontak sosial negatif menuju pada pertentangan atau konflik. Dan lebih dari itu kontak sosial juga bisa bersifat primer atau sekunder.

Baca Juga:  Pengertian Lembaga Pendidikan Menurut Para Ahli

Kontak sosial primer terjadi apabila pelaku interaksi secara langsung bertemu. Kemudian kontak sekunder terjadi apabila terjadi interaksi secara melalui perantara misalnya dengan telepon.

Komunikasi
Komunikasi merupakan aktivitas yang saling memberikan tafsir perbuatan (pembicaraan, sikap, perasaan, gerakan fisik)

Ciri-Ciri Interaksi Sosial

Ciri-ciri dari interaksi sosial adalah sebagai berikut:

  • Bisa terjadi jika ada orang yang berperan lebih dari 1
  • Adanya komunikasi antara orang yang berperan dengan cara kontak sosial
  • Maksud dan tujuan yang ditentukan jelas, bebas dari sama tidaknya tujuan itu dengan yang dirancang orang yang berperan
  • Terdapat masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang (dimensi waktu) yang menentukan sikap kegiatan yang berlangsung

Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

Faktor interaksi sosial dipengaruhi oleh antara lain:

Sugesti
Sugesti yaitu pemberian suatu pengaruh atau sebuah rangsangan tumbuhnya pandangan seseorang terhadap orang lain dengan cara tertentu menjadikan orang tersebut mempunyai pandangan yang sama dengan orang yang memberikan sugesti.

Imitasi
Imitasi merupakan perbuatan sosial yang menirukan sikap, perbuatan, tingkah laku, atau penampilan fisik suatu pihak tertentu.

Identifikasi
Pada ilmu sosial, identifikasi merupakan kecenderungan atau keinginan dalam diri seseorang untuk menyamai dirinya dengan pihak lain.

Empati
Empati merupakan perasaan tertarik dari pada seseorang secara emosi kepada orang lain.

Simpati
Simpati merupakan proses kejiwaan yang mana seseorang individu merasa tertarik atau terhubung dengan orang lainnya.

Motivasi
Motivasi merupakan proses yang menerangkan intensitas, arah dan ketekukan seseorang individu untuk meraih tujuan dalam kehidupannya.

Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Secara umum, terdapat dua jenis atau bentuk interaksi sosial yakni interaksi sosial asosiatif dan interaksi sosial disasosiatif.

Interaksi Sosial Asosiatif

Interaksi sosial asosiatif merupakan interaksi sosial yang menuju kepada hal yang bersifat positif. Jenis dari interaksi sosial asosiatif antara lain sebagai berikut:

Baca Juga:  Pengertian Kemasan Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan, Jenis Kemasan Terlengkap

Kerja Sama (Cooperation)
Kerja sama yaitu sebuah upaya bersama dari pihak yang menjalankan interaksi sosial untuk meraih tujuan bersama.

Akomodasi (Accomodation)
Akomodasi merupakan proses sosial untuk meredakan pertentangan antar dua pihak atau lebih. Terdapat beberapa bentuk akomodasi antara lain: Koersi, Kompromi, Arbitrase, Mediasi dan lain-lain.

Asimilasi
Asimilasi merupakan proses penyatuan kebudayaan menjadikan setiap pihak yang terlibat ikut merasa ada kebudayaan tunggal baru yang dijadikan bersama.

Akulturasi
Akulturasi merupakan proses diterimanya unsur kebudayaan asing yang masuk tanpa mengakibatkan hilangnya kepribadian dari unsur kebudayaan yang telah ada sebelumnya.

Interaksi Sosial Disasosiatif

Interaksi sosial disasosiatif yaitu interaksi sosial yang arahnya menuju kepada hal yang bersifat negatif. Jenis interaksi sosial disosiatif antara lain sebagai berikut:

Persaingan (Competition)
Persaingan merupakan proses sosial yang saling berkompetisi antara satu pihak dengan pihak lain secara bersih dengan tidak memakai suatu ancaman atau kekerasan untuk meraih suatu tujuan tertentu.

Kontraversi
Kontraversi adalah suatu bentuk interaksi sosial yang terletak antara persaingan dan konflik

Konflik (Pertentangan)
Konflik adalah interaksi sosial negatif yang mana suatu pihak berupaya memenuhi tujuannya dengan jalan menantang atau menghilangkan pihak lawan dengan ancaman atau kekerasan.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Interaksi Sosial, Syarat, Ciri-Ciri, Bentuk Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Silakan Baca Juga:

Rate this post