Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap

Loading...

Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kalian akan mempelajari tentang produktivitas kerja. Yang mana pembahasan ini meliputi pengertian, pengukuran produktivitas kerja dan faktor yang mempengaruhinya. Agar lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Produktivitas Kerja Menurut Para Ahli

Sebelum mengetahui pengertian produktivita kerja yang dikemukakan oleh para ahli, alangkah baiknya kita mengetahui definisi secara umumnya.
Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi

Produktivitas kerja merupakan kemampuan pegawai dalam berproduksi daripada dengan input yang digunakan, seorang pegawai dapat disebut produtif apabila dia dapat menghasilkan barang ataupun jasa yang sesuai dengan yang menjadi harapan dalam waktu yang singkat atau tepat.

Pengertian lain dari produktivitas kerja yaitu perbandingan antara hasil yang diraih dengan semua sumber daya yang dimanfaatkan per satuan waktu dengan mengambil manfaat yang sebesar-besarnya dari sarana dan prasaran yang disediakan.

Produktivitas kerja adalah satu dari beberapa masalah yang penting yang wajib diperhatikan perusahaan atau organisasi supaya tujuan yang sudah dirancang sebelumnya bisa tercapai.

Loading...

1.Payaman Simanjuntak

Pengertian produktivitas kerja menurut Payaman Simanjuntak adalah, secara fisiologis mengandung pandangan hidup dan sikap mental yang selalu berusaha untuk meningkatkan mutu kehidupan.

Kondisi ini harus lebih baik dari kemarin, dan mutu kehidupan besok harus lebih baik dari hari ini. Pandangan hidup dan sikap mental yang seperti itu akan mendorong manusia untuk tidak cepat merasa puas, akan tetapi berusaha mengembangkan diri untuk meningkatkan kemampuan sehingga akan dihasilkan produktivitas yang tinggi.

Baca Juga:  Pengertian Piutang Dagang, Jenis, Masalah Akuntansi Terlengkap

2.Hasibuan (1996:126)

Pengertian produktivitas kerja menurut Hasibuan adalah perbandingan antara output (hasil) dengan input (masukan). Jika produktivitas naik ini hanya dimungkinkan oleh adanya peningkatan efisiensi (waktu-bahan-tenaga) dan sistem kerja, teknik produksi dan adanya peningkatan keterampilan dari tenaga kerjanya.

Loading...

3.Sondang P. Siagian

Pengertian produktivitas kerja menurut Sondang P. Siagian adalah kemampuan memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari sarana dan prasarana yang tersedia dengan menghasilkan output yang optimal, bahkan kalau bisa semaksimal mungkin.

4.Riyanto (1986:22)

Pengertian produktivitas kerja menurut Riyanto adalah secara teknis produktivitas adalah suatu perbandingan antara hasil yang dicapai (output) dengna keseluruhan sumber daya yang diperlukan (input). Produktivitas berarti perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran tenaga kerja persatuan waktu.

5.Muchdarsyah Sinungan

Pengertian produktivitas kerja menurut Muchdarsyah sinungan adalah tindakan efisiensi dalam memproduksi barang-barang atau jasa.

Pengukuran Produkvitas Kerja

Pengukuran produktivitas kerja merupakan sistem yang dipergunakan sebagai ukuran kinerja atau mengetahui kinerja dari pegawai apakah telah menjalankan pekerjaanya dengan baik sesuai dengan yang diinginkan oleh perusahaan atau instansi.

Manfaat pengukuran produktivitas kerja adalah untuk menjadi tahu kemampuan dan juga keterampilan setiap karyawan secara rutin setiap hari sebagai dasar pendayagunaan dan pengembangan karyawan dengan sangat optimal dan peningkatan mutu hasil kerja karyawan.

Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Terdapat beberapa faktor yang menjadi pengaruh produktivtas kerja, antara lain yakni:

Bersumber Dari Pekerjaan
Sebuah pekerjaan yang banyak memerlukan gerakan yang dapat mengakibatkan produktivitas kerja menjadi rendah. Dengan demikian, supaya gerakan dalam menjalankan pekerjaan cepat dan tepat maka lebih dulu diadakan “Time and Motion Study”.

Dengan studi itu dapat dapat tercipta gerakan yang efektif dan dapat melancarkan pekerjaan sekaligus mengurangi kesalahan pegawai.

Baca Juga:  Tujuan Dan Fungsi Kredit Menurut Para Ahli Lengkap

Bersumber Dari Karyawan
Semangat dan gairah kerja para pegawai adalah suatu unsur yang sangat penting untuk meraih suatu produktivitas yang tinggi. Dengan demikian, sebaiknya pimpinan memperhatikan unsur penting itu dengan melihat hal-hal berikut ini:

  • Gaji yang sepadan
  • Keperluan pegawai harus diperhatikan
  • Penempatan pegawai di posisi yang tepat

Pendidikan
Tingkat kecerdasan pegawai bisa dilihat dari tingkat pendidikannya. Semakin tinggi pendidikan maka semakin besar peluang untuk memperoleh tujuan pada jenjang yang lebih baik. Oleh karena itu, pendidikan berkaitan dengan produktivitas kerja staf dan pegawai

Kesehatan Jasmani Dan Rohani
Pimpinan perusahaan harus menjamin kesehatan pegawai dengan cara mengatur jam kerja, menghilangkan lembur sehingga dapat tercipta aktivitas kerja para pegawai. Pegawai yang sehat makan akan membuat produktivitas kerjanya meningkat.

Lingkungan Kerja
Lingkungan kerja yang baik akan mempengaruhi sangat besar dalam peningkatan produktivitas. Dan juga, lingkungan kerja yang bersih dapat berpengaruh pegawai untuk lebih semangat bekerja.

Faktor Manajerial
Tipe kepemimpinan yang efektif, memotivasi dan mengarahkan dan mengerakan bawahannya harus dijalankan supaya para pegawai bekerja dengan lebih semangat dan mempunyai gairah dalam melaksanakan tugas.

Motivasi
Memberikan motivasi yang asalnya dari pimpinan yang baik akan membimbing dan melatih karyawannya. Memberikan motivasi pada karyawan bukanlah perkara yang mudah, karena masing-masing karyawan atau pegawai mempunyai latar belakang, pengalaman, harapan dan keinginan yang tidak sama.

Peralatan Yang Dipakai
Peralatan yang dipakai mempunyai efek yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan produktivitas kerja. Pemakaian sumber-sumber ekonomi yang digerakkan secara efektif dan memerlukan keterangan organisator dan teknik sehingga mempunyai tingkat hasil guna yang tinggi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Produktivitas Kerja, Pengukuran, Faktor Yang Mempengaruhi Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengalaman kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artike lainnya.

Baca Juga:  Pengertian Deflasi, Jenis Deflasi, Penyebab Deflasi, Dampak Dan Cara Mengatasi Deflasi Terlengkap

Silakan Baca Juga:

Rate this post