Pengertian Nodus Limfa, Fungsi, Struktur Anatomi, Bagian Terlengkap

Loading...

Pengertian Nodus Limfa, Fungsi, Struktur Anatomi, Bagian Terlengkap – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Nodus Limfa. Yang meliputi pengertian, fungsi, struktur anatomi dan bagian dari nodus limfa dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Nodus Limfa

Nodus limfa yaitu sebuah komponen sistem limfatik yang dapat ditemukan di tubuh manusia. Nodus limfa adalah penyaring partikel asing dan mengandung sel darah putih.

Nodus limfa fungsinya sebagai filter dengan jaringan konektif retikular dan limfosit yang mengumpulkan dan menghancurkan bakteri dan virus. Ketika tubuh melawan infeksi, limfosit bertambah dengan banyak.

Nodus limfa berbentuk seperti kacang kecil, yang memiliki ukuran sekitar 1-2 cm, pada manusia jumlahnya sekitar 500-600 nodus limfa. Nodus limfa menyebar luas di seluruh tubuh, sebagian diantaranya dapat dilihat contohnya tonsil tetapi kebanyakan tidak dapat dilihat, hanya dapat diraba ketika ada infeksi pada tubuh kita.

Bagian tubuh yang mempunyai banyak nodus limfa antara lain yakni bagian dada, leher, ketiak dan perut. Nodus limfa yang satu dengan yang lain terhubung oleh struktur yang disebut pembuluh limfa.

Loading...

Fungsi Nodus Limfa
Pengertian Nodus Limfa, Fungsi, Struktur Anatomi, Bagian

Nodus limfa memiliki fungsi sebagai pembantu imun dalam melawan infeksi, bagian penting nodus limda berisikan sel darah putih yang juga merupakan bagian dari kekebalan tubuh. Sel darah putih memiliki fungsi untuk melawan antigen atau zat yang berbahaya untuk tubuh.

Selain itu, nodus limfa juga mempunyai fungsi membantuk dalam melakukan penyaringan pada sampah selular, sel yang telah mati dan sel yang bisa berbahaya untuk tubuh. Hasil penyaringan tersebut selanjutnya akan dibawa melalui pembuluh darah untuk kemudian dibuang keluar dari tubuh.

Baca Juga:  Pengertian Kelenjar Paratiroid, Fungsi, Struktur Kelenjar, Kelainan Terlengkap

Strutur Anatomi Dan Bagian Nodus Limfa

Nodus limfa dilingkari oleh kapsul fibrosa yang tersusun dari jaringan ikat. 2 bagian utama nodus limfa yakni korteks dan medula. Di korteks ada sel limfosit B dan juga sel limfosit T dan pada medula ada plasma sel, makrofag dan sel limfosit T.

Loading...

Antara satu limfa dengan limfa yang lain terhubung oleh pembuluh limfa, strukturnya hampir sama dengan pembuluh darah. Nodus limfa tersusun atas empat bagian utama, yakni:

Kapsul Nodus Limfa
Kapsul nodus limfa merupakan bagian paling luar dari nodus limfa yang fungsinya sebagai pelindung bagian dalamnya. Kapsul itu tersusun atas jaringan ikat yang tidak beraturan dan serat kolagen tipis, keduanya bersama-sama membentuk struktur seperti membran.

Subkapsula Nodus Limfa
Subkapsula Nodus Limfa merupakan bagian dari nodus limfa yang fungsinya untuk mempermudah gerakan cairan limfa. Subkapsula nodus limfa ini juga biasa disebut dengan sinus limfa atau sinus marginal. Bagian limfa ini penting dalam proses pendeteksian tahap pertama tumor yang tumbuh di nodus limfa.

Korteks Nodus Limfa
Korteks nodus limfa bagian utama limfa yang letaknya sesudah subkapsula. Bagian luar korteks tersusun atas sel limfosit B yang membuat folikel. Sedangkan bagian dalam korteks disusun oleh sel limfosit T. Kedua bagian itu mempunyai peranan penting ketika terjadi infeksi.

Medula Nodus Limfa
Medula merupakan bagian paling dalam dari nodus limfa yang terususun atas pembuluh darah, saluran sinus dan struktur seperti batang yang berisi sel yang mensekresikan antibodi.

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Nodus Limfa, Fungsi, Struktur Anatomi, Bagian Terlengkap semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Baca Juga:  Pengertian Kelenjar Prostat, Struktur Anatomi, Bagian Kelenjar Terlengkap

Silakan Baca Juga:

Rate this post