√ Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Keuntungan & Manfaat

Loading...

Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Keuntungan & Manfaat – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang Inkaso. Yang meliputi pengertian inkaso, warkat inkaso, jenis-jenis inkaso, mekanisme inkaso, keuntungan dan manfaat inkaso dengan pembahasan lengkap dan ringan dipahami. Untuk lebih lengkapnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Keuntungan & Manfaat

Mari kita bahas pengertian inkaso terlebih dahulu dengan seksama.

Pengertian Inkaso

Inkaso merupakan suatu layanan bank dalam penagihan pembayaran terhadap surat atau dokumen berharga kepada pihak ketiga di tempat atau kota lain yang masih didalam negeri.

Pengertian lain dari inkaso adalah aktivitas jasa Bank untuk menjalankan amanat dari pihak ketiga dalam bentuk penagihan sejumlah uang kepada seseorang atau badan tertentu di kota lain yang sudah ditunjuk oleh yang memberi amanat. Sebagai keuntungan imbalan jasa terhadap jasa tersebut seringkali bank menerapkan beberap tarif atau fee kepada nasabah atau calon nasabahnya.

Pengertian Inkaso Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah definisi dari inkasi menurut ahlinya.

Loading...

1. Lukman Dendawijaya (2001)

Pengertian inkaso menurut Lukman Dendawijaya adalah salah satu jasa yang diberikan oleh bank atas permintaan nasabah untuk melakukan penagihan pembayaran atas dokumen atau surat berharga kepada pihak ketiga di lokasi lain, bisa cabang bank yang bersangkutan atau bahkan pada bank yang lain.

Baca Juga:  Pengertian Konsumsi Beserta Tujuan Dan Faktornya Lengkap

2. Dr. Thomas Suyatno dkk (2007)

Pengertian inkaso menurut Dr. Thomas Suyatno dkk adalah pemberian kuasa kepada bank oleh perorangan atau perusahaan untuk menagihkan atau meminta akseptasi (persetujuan pembayaran) atau menyerahkan begitu saja kepada pihak tertarik atau surat berharga berbentuk rupiah maupun valas seperti wesel, cek, promissory note, dan lain sebagainya di tempat lain baik di dalam negeri ataupun diluar negeri.

Warkat Inkaso

Tidak semua warkat yang diterbitkan bank bisa dimasukkan dalam aktivitas inkaso. Ada dua jenis atau kelompok warkat yang diinkasokan, yakni:

Loading...
  • Inkaso dengan warkat tanpa lampiran adalah warkat inkaso yang dipakai pada saat menjalankan inkaso dengan tidak melampirkan dokumen apapun. Misalnya cek dan bilyet giro.
  • Inkaso dengan warkat berlampiran adalah warkat yang inkasonya harus terlampir dokumen yang lengkap atau dokumen pendukung. Misalnya adalah kwitansi, faktur, dan polis asuransi.

Jenis-Jenis Inkaso

Apabila dilihat dari lalu lintas dana, inkaso dibedakan menjadi dua jenis, yaitu inkaso keluar dan inkaso masuk.

1. Inkaso Keluar

Inkaso keluar yakni inkaso atau instruksi nasabah supaya melaksanakan penagihan kepada pihak ketiga baik di cabang sendiri maupun bank luar kota. Inkaso ini dibayarkan atau dikreditkan pada rekening pemberi amanat di bank pemrakarsa sesudah inkaso berhasil ditagih.

2. Inkaso Masuk

Inkaso masuk yakni inkaso atau tagihan masuk atau beban rekening (warkat yang dikeluarkan) nasabah sendiri yang hasilnya akan dikirimkan ke cabang pemrakarsa untuk keuntungan pihak ketiga.

Mekanisme Inkaso

Berikut ini adalah prosedur atau mekanisme inkaso.

Mekanisme Oleh Teller Kepada Penyetor
Mekanisme Oleh Teller Kepada Penyetor

Mekanisme Atau Prosedur Inkaso
Mekanisme Atau Prosedur Inkaso

Keuntungan Inkaso

Penggunaan jasa inkaso, nasabah mempunyai banyak keuntungan untuk menagihkan warkat yang mereka punya. Berikut adalah keuntungan inkaso, yakni:

  1. Lebih Hemat Biaya
    Jika nasabah menagihkan sendiri warkat yang dimilikinya, apabila berada di luar negeri maka akan menelan biaya yang sangat besar. Dengan memakai jasa inkaso, biaya yang dikeluarkan jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan ditagih sendiri.
  2. Lebih Hemat Waktu
    Selain memerlukan biaya yang mahal, menagih sendiri juga memerlukan waktu yang lebih lama. Dengan memakai inkaso, maka jauh lebih akan hemat waktu.
  3. Terhindar Dari Resiko Kehilangan
    Dengan pemakaian jasa inkaso, nasabah akan terhindar dari semua risiko termasuk bisa saja kehilangan seperti perampokan atau kehilangan dikarenakan sebab lainnya.
Baca Juga:  √ Pengertian Distribusi, Tujuan Serta Contohnya Lengkap

Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis-Jenis, Mekanisme, Keuntungan, Manfaat

Manfaat Inkaso

Adapun manfaat dari inkaso adalah:

  • Membuat lebih efektif dan efisien dalam menyelesaikan tagihan antar kota atau diluar negeri.
  • Lebih menguntungkan dan nasabah mempunyai reputasi yang lebih jelas

Demikianlah telah dijelaskan tentang Pengertian Inkaso, Warkat, Jenis, Mekanisme, Keuntungan & Manfaat semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

5 (100%) 10 votes