4 Sumber Energi Alternatif Dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

4 Sumber Energi Alternatif Dan Manfaatnya Bagi Kehidupan – Alam telah menyediakan berbagai macam energi alternatif yang tidak pernah ada habisnya. Pada kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan membahas dan menguraikan beberapa sumber energi alternatif beserta fungsinya bagi kehidupan. Berikut penjelasannya.

Sumber Energi Alternatif Dan Manfaatnya

Ada beberapa sumber energi alternatif yang akan kita bahas, yakni matahari, angin, panas bumi dan air.

1. Matahari

Merupakan sumber yang paling besar di muka bumi. Energi yang dikeluarkan oleh matahari berupa panas dan energi cahaya. Energi matahari dapat menerangi bumi di siang hari dan dapat langsung kita nikmati tanpa menyalakan lampu sudah terang benderang. Selain bermanfaat untuk kehidupan manusia, matahari juga bermanfaat untuk tumbuh-tumbuhan. Energi cahaya matahari dapat diubah menjadi tenaga listrik oleh alat yang biasa disebut dengan  sel surya. Manfaat dari energi panas matahari dapat langsung dimanfaatkan, yakni seperti pemanas air di rumah. Panel surya merupakan alat yang digunakan untuk menangkap energi panas yang biasanya dipasang diatap rumah.

2. Angin

Tenaga angin yang sejak dulu telah dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia seperti kapal layar yang hanya menggunakan bantuan angin dalam berkeliling dunia. Selain itu juga seperti pada kincir angin, mesin penggiling jagung dan pompa air masih membutuhkan tenaga angin. Namun angin yang besar dapat membawa bencana di muka bumi.

Saat ini, tenaga angin juga dimanfaatkan dalam menghasilkan listrik. Aerogenerator merupakan alat yang digunakan dalam menghasilkan listrik oleh tenaga angin yang umumnya berbentuk menara. Pada puncak menara ini di pasang baling-baling, dan baling-baling berputar ketika diterpa angin. Dari perputaran baling-baling inilah yang meyebabkan generator menghasilkan listrik. Jumlah aerogenerator di pasang dalam jumlah yang banyak, karena semakin banyak aerogenerator maka semakin besar energi listrik yang dihasilkan. Dan aerogenerator ini di pasang di lapangan terbuka dan luas.

Baca Juga:  Cabang Ilmu Biologi Terlengkap

3. Panas Bumi

Bumi tersusun dari berbagai lapisan dan pusat bumi terbentuk dari lapisan batuan yang sangat panas. Sehingga hal inilah yang menunjukkan bahwa bumi merupakan sumber energi panas yang sangat besar. tenaga panas bumi dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Proses yang terjadi di stasiun pembangkit listrik tenaga uap dapat kita pelajari. Air dingin yang dipompa dari permukaan dan dialirkan melalui pipa ke dalam tanah hingga ke lapisan batuan. Sampai disana, air langsung mendidih dan langsung berubah menjadi uap air panas. Uap ini memutar turbin kemudian turbin memutar generator sehingga menghasilkan listrik.

4 Sumber Energi Alternatif Dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Loading...

4. Air

Air sangatlah bermanfaat bagi kehidupan, setiap hari, air sangat dibutuhkan. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Aliran yang sangat deras merupakan sumber energi gerak. Energi gerak juga dapat dimanfaatkan dalam mengehasilkan listrik. Pada stasiun pembangkit listrik tenaga air, air biasanya dibendung sehingga permukaannya menjadi tinggi.

Biasanya, pembangkit listrik tenaga air ini dibangun di wilayah perbukitan.  Air dibendung lalu dialirkan melalui terowongan yang menurun. Aliran air tersebut memutar turbin yang dihubungkan dengan generator. Generator yang berputar menghasilkan listrik.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai 4 Sumber Energi Alternatif Dan Manfaatnya Bagi Kehidupan, semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian terimakasih 🙂

Sumber: Sains Untuk SD Kelas IV, Penerbit Erlangga

4 (80%) 1 vote
Loading...