12 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia Secara Umum

12 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia Secara Umum – Sebelumnya telah dibahas mengenai fungsi paru-parufungsi ginjal dan fungsi kulit bagi tubuh manusia. Ada lagi organ tubuh yang sangat vital yakni hati. Organ yang satu ini memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita. Dalam kesempatan ini, seputarpengetahuan.com akan menjelaskan secara singkat tentang apa saja fungsi hati bagi tubuh manusia. Berikut penjelasannya.

Fungsi Hati

Ada beberapa fungsi hati, diantaranya:

1. Menetralisir racun di dalam tubuh. Fungsi utama hati ialah dapat menetralkan racun di dalam tubuh atau detoksifikasi. Organ hati dapat membantu menghilangkan racun-racun berbahaya yang ada dalam tubuh.

2. Menghasilkan atau memproduksi empedu. Hati dapat membantu menghasilkan cairan empedu. Empedu dihasilkan dari perombakan sel darah merah dan empedu yang dihasilkan berupa hemoglobin. Fungsi dari cairan empedu ini untuk mengemulsikan lemak makanan yang dicerna. Empedu ini berwarna kehijauan.

3. Menyaring darah. Hati dapat memfilter darah yang akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh. Darah yang tersaring baru dapat mengalir ke seluruh tubuh.

4. Dapat menghasilkan urea. Urea merupakan zat hasil perombakan protein. Zat ini harus dikeluarkan oleh tubuh karena beracun. Urea diangkut dari hati ke ginjal yang dikeluarkan bersamaan dengan urin.

5. Kemampuan dalam mendaur ulang sel-sel darah merah.  Setelah di daur ulang, sel-sel darah merah yang rusak di uraikan oleh hati.

Loading...

6. Menyimpan gula dalam tubuh. Gula yang disimpan kemudian diangkutnya ke seluruh tubuh yang dijadikan sebagai sumber energi manusia.

7. Menjaga keseimbangan tubuh manusia.

8. Menghasilkan protein. Beberapa jenis protein dihasilkan oleh hati yang peranannya sangat penting bagi proses pembekuan darah didalam tubuh.

Baca Juga:  √ Pengertian Jaringan Dewasa Pada Tumbuhan, Ciri, Fungsi & Strukturnya

9. Melancarkan proses metabolisme di dalam tubuh.

10. Dapat mengubah glukosa menjadi glukogen, yang tujuannya mengatur kadar gula darah sehingga seimbang, tidak kurang dan tidak lebih.

12 Fungsi Hati bagi Tubuh Manusia Secara Umum

11. Tempat sintesisi beberapa zat didalam tubuh

12. Tempat menyimpan vitamin A, B12, D, E, dan vitamin K serta mineral.

Demikianlah penjelasan mengenai 12 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia Secara Umum, diharapkan kita lebih mengetahui fungsi hati pada tubuh kita yang sebenarnya dan selalu bisa menjaga hati kita agar tetap sehat. Semoga bermanfaat dan terimakasih 🙂

Rate this post
Loading...